Waktunya Memanjakan Mata dengan Film-film Festival!

Heihoooo!

Siapa di sini yang suka nonton film-film festival? Kalau kamu sedang bosan dengan film-film Hollywood yang selalu beredar setiap bulannya, you have to read my article here until finish! hehe..

Kalo udah masuk bulan November, dan Desember, ada 3 festival yang selalu saya tunggu kehadirannya. Ada Europe on Screen, INAFFF, dan Jiffest. Sebenernya yang paling saya tunggu-tunggu ya si Jiffest itu, tapi sayangnya tahun ini nggak ada. 😦 Alhasil, budget saya buat nonton film-film Jiffest saya alihkan semua ke INAFFF karena nonton film-film di Europe on Screen ndak bayar alias gratis. Sebenernya, bisa dibilang agak sotoy sih tahun ini, saya bukan termasuk penggemar film-film horror dan teman-temannya itu, kalaupun nonton film-film INAFFF pasti bareng temen-temen dan genrenya lebih ke thriller (lebih tidak menakutkan daripada horror bagi saya), seperti Rumah Dara di INAFFF tahun 2010. Tapi karena saya penasaran dan ada beberapa sinopsis yang cukup menarik perhatian, 6 dari total 40 film lebih di INAFFF tahun ini pun saya beli tiketnya. Untuk Europe on Screen, ada 8 film yang cukup menarik perhatian saya dari total 24 film panjang dan 9 film pendeknya. Cekidot!

Sekilas tentang Europe on Screen:
Festival Film Eropa yang dikenal dengan Europe on Screen (EoS), sebuah festival yang menjadi jendela untuk menyaksikan budaya Eropa lewat beragam film dan sarana bagi penonton untuk mengembangkan apresiasi terhadap film-film di luar arus besar, tahun ini memasuki penyelenggaraan kelima dengan tema ‘Old and Young Europe’. Tema ini menyorot dinamika benua Eropa yang sarat dengan sejarah dan tradisi namun tidak luput dari pembaruan di berbagai bidang, disajikan melalui 24 film panjang dan 1 film pendek dari 21 negara-negara Eropa yang diproduksi dalam rentang waktu lebih dari dua dekade. Keseluruhannya terbagi dalam beberapa seksi film:

AGAINST THE ODDS — Human beings are the most powerful creatures in this world, yet they are not without problems and they spend their whole existence battling life’s challenges. How does a schizophrenic old woman deal with her future? What a little girl would do when she was left alone at home by her parents for the entire summer? What are your chances when you got cancer and you’re only a teenager? Will a small nation ever beat its big enemy? Life is like gambling. You can always hope to win even if you’re left with nothing but courage.
Flickan | Lo spazio bianco | Oorlogswinter | Oshte neshto za lyubovta | Prinsessa | Stationspiraten | Szabadság, szerelem

CRIME AND MISDEMEANOUR — When lines are crossed and rules are broken, how do you separate crime from misdemeanour? These five films provide a wide spectrum of rights and wrongs to help you find the not-so-obvious answer.
FAMILY AFFAIRS — This section focuses on one of the most favourite subjects to be filmed. Family always matters, it plays a key role in humanity’s greatest achievement and their major failures.
SONGS OF SURVIVAL — An orchestra that emerges from a neglected colony; the adolescent life of a legendary songwriter; a band forced to compromise their ways on path to fame and fortune. All these films let you absorb the power of music through a few humbling yet inspiring tales.
SPRINKLES OF LAUGHTER — Isn’t life tragic without humour?
Humour shifts perpectives. Even the most unfortunate event of your life can’t stop you from laughing at it. This section captures odd moments that will leave you chuckling in your seat.

Tahun ini EoS juga mempersembahkan 9 film pendek Indonesia terbaik melalui EoS Short Film Competition.

Europe on Screen 2011 akan berlangsung di:

Bandung 1-2 November: CCF
Jakarta 4-11 November: Erasmus Huis, GoetheHaus, Istituto Italiano di Cultura, Institut Française Indonesia, Kineforum Jakarta Arts Council
Denpasar 12-13 November: Alliance Française
Banda Aceh 14-18 November: Europe House
Surabaya 19-20 November: CCCL
Semarang 23-24 November: Universitas Diponegoro

Film-film yang saya pilih tahun ini:

Sekilas tentang INAFFF:

Festival film dengan genre horror, thriller, sci-fi, dan fantasy ini sudah berlangsung sejak tahun 2007 bertempat di Blitz Megaplex. INAFFF merupakan satu-satunya festival film yang mengusung genre fantastic di Asia Tenggara. THE RAID arahan Gareth Evans dan dibintangi oleh Iko Uwais menjadi film pembuka di segmen Midnight Madness, Toronto Film Festival, bulan September 2011 dan mendapat penghargaan “People’s Choice Award”  serta sudah dibeli hak distribusinya di Amerika oleh Sony Pictures. Film The Raid akan menjadi film penutup INAFFF 2011 pada tanggal 20 November 2011.  Sedangkan, film blockbuster IMMORTALS akan ditayangkan sebagai Opening Film, bersamaan dengan tanggal edarnya di Amerika dan seluruh dunia yaitu 11-11-11.

Film-film yang saya pilih tahun ini:
(ditambah 1 surprise movie yang belum ketahuan apa judulnya)

LOFT

5 pria bersahabat yang sudah menikah memutuskan untuk bersenang-senang dengan menyewa 1 rumah peristirahatan. Disana mereka melepaskan nafsu liarnya dengan para wanita simpanan. Kesenangan tersebut berakhir saat mereka menemukan mayat perempuan tergeletak di rumah itu. Saling tuduh pun terjadi, semua tidak ingin disalahkan, dan kepercayaan itu pun hilang, ternyata persahabatan mereka tidak sedalam yang mereka pikir selama ini.

Jadwal tayang:
– Jakarta: 5 November’11 pukul  21.30, Blitz Megaplex Grand Indonesia.
– Bandung: 27 November’11 pukul 19.15, Blitz Megaplex Paris Van Java.

————————————————————————————————————

TERRITORIES

5 orang yang saling berteman dicurigai sebagai penadah narkoba oleh polisi perbatasan. Mereka diperiksa, diinterogasi dan keadaan semakin parah saat polisi menemukan ganja di dialam salah satu tas. Walaupun sebenarnya mereka tidak bersalah, sikap kasar dan brutal dari para polisi pun tetap terjadi, akhirnya mereka ditangkap dan dipenjarakan di sebuah penjara di tengah hutan. Dan disana, mereka baru akan menyadari apa yang sebenarnya terjadi.

Jadwal Tayang:
– Jakarta: 13 November’11 pukul 12.30 & 17 November pukul 21.3,  Blitz Megaplex Grand Indonesia.
– Bandung: –

————————————————————————————————————

Angel & Airwaves presents LOVE

Astronot Lee Miller kehilangan kontak dengan bumi. Berada di luar angkasa dalam pesawatnya sendirian, membuat ia harus kuat menjaga pikirannya tetap waras. Dengan mengandalkan sisa-sisa makanan yang ada untuk bertahan hidup, kesepian yang dirasakan mendominasi dengan lebih kuat, sampai ia menemukan hal-hal yang aneh dan misterius dari pesawatnya sendiri. Film sci-fi ini merupakan transformasi konsep kreatif dari album Angels & Airwaves.

Jadwal tayang: 
– Jakarta: 12 November’11 21.30 & 18 November’11 21.30, Blitz Megaplex Grand Indonesia.
– Bandung: 25 November’11 21.30

————————————————————————————————————

THE INCITE MILL

Permainan ini dimulai saat iklan lowongan kerja dengan gaji yang sangat menggiurkan itu dipasang di media. Dengan bayaran yang sangat besar (USD 1700/ jam) mereka hanya bekerja 7 hari tentu sangat menggiurkan. 10 orang kandidat akhirnya terpilih. Mereka ditempatkan disebuah kompleks bawah tanah, masing-masing peserta mendapat tugas untuk mengamati sebuah kamar selama 24 jam dalam waktu  7 hari. Yang mereka tidak tahu mereka dibayar sangat mahal adalah bahwa dalam permainan tersebut mereka dipaksa untuk menjadi bagian, dimana hidup dan mati adalah taruhannya.

Jadwal tayang:
– Jakarta: 19 November’11 14.30, Blitz Megaplex Grand Indonesia.
– Bandung: 26 November’11 14.45 & 27 November’11 12.30, Blitz Megaplex Paris Van Java.

————————————————————————————————————

THE INCIDENT

Sebuah kecelakaan terjadi di satu rumah sakit jiwa di Washington di tahun 1989. Rumah sakit jiwa yang penuh dengan monitor pengawarasan, pintu yang terkunci secara otomatis, dan penjaga yang selalu berkeliaran, berubah menjadi penuh kepanikan dan kerusuhan saat petir menyambar dan mematikan jaringan listrik utama.  Sistem pengamanan lumpuh, dan para pasien berhamburan. George, Max dan Ricky yang bekerja di dapur rumah sakit beserta para penjaga menjadi sandera dua pasien maniak yang mengambil alih kendali.  Suasana pun semakin tidak terkendali. Ini adalah karya perdana sutradara Alexandre Courtes yang sebelumnya terkenal sebagai sutradara music video band spt U2 & Coldplay.

Jadwal tayang:
– Jakarta: 16 November’11 21.30 & 19 November’11 21.30, Blitz Megaplex Grand Indonesia.
– Bandung: –

————————————————————————————————————

It’s traveling without moving. Tertarik untuk menonton? Buruan beli tiketnya! Di hari pertama pre-salenya aja, INAFFF sudah diserbu sampai ada beberapa film yang tiketnya sold out! 😀

Advertisements

6 thoughts on “Waktunya Memanjakan Mata dengan Film-film Festival!

  1. ipungmbuh

    Dan tahun ini bisa jadi bakal jadi tahun terakhir EOS. Sungguh menohok, setelah kabar JIFFEST pun belum tentu akan ada kembali putaran depan. 😦

    Reply

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s