Ngeblog Lagi Karena Workshop TravelnBlog!

YAYYYY, it’s 2015 and finally I’m blogging again! *girang banget akhirnya nulis lagi*

TRAVELNBLOG day 1-1Awal bulan Desember 2014, tepatnya tanggal 6 dan 7 Desember, saya bersama enam teman yang suka jalan-jalan dan suka ngeblog (baca: mereka rajin, saya sih males banget) bikin acara yang keren banget, namanya “Workshop Travel n Blog” bertemakan “Let’s Blog Better”.

*HAH, jarang ngeblog terus bikin workshop Travel n Blog, sok tau banget lo!*

Iya, ini sebenarnya adalah paksaan, saya dipaksa menikah, padahal saya tidak cinta. *lho

Hehe.. Nggak deng, tadinya saya hanya ingin membantu di belakang layar saja untuk persiapan workshop ini, namun keenam teman saya yang kece-kece: Mumun & Vira Indohoy, Vindhya, Firsta, Wira, dan Ariev Rahman akhirnya melibatkan saya juga untuk jadi pembicara.

Poster acara karya Vira Indohoy.

Awalnya, saya sempat ingin mundur karena saya cupu dan ciut saudara-saudara kalau ditantang buat ngeblog lagi! Tapi kehadiran enam orang ini dalam hidup saya setiap hari *cieee, padahal cuma di whatsapp grup* membuat saya bersemangat lagi.

Workshop Travel n Blog pertama dilaksanakan di Jakarta pada bulan Juni 2014 dan yang ke-2 kemarin dilaksanakan di Co & Co Space, sebuah co-working space di daerah Dago, Bandung.

Pembicara-pembicaranya adalah:

(dari kiri ke kanan) Duo Indohoy - Ariev Rahman - Wira Nurmansyah

(dari kiri ke kanan) Duo Indohoy – Ariev Rahman – Wira Nurmansyah

1. Mumun dan Vira dari Indohoy: materi yang disampaikan oleh duo maut (satu sudah menikah, satu masih mencari tulang rusuknya yang hilang) ini adalah bagaimana membuat konsep sebuah blog. Mereka bercerita tentang blogger-blogger sukses yang mempunyai konsep blog yang bagus. Mereka ingin menekankan bahwa ketika kita ngeblog, kita sudah harus punya konsep dari awal. Mau pakai bahasa apa? Target pembacanya siapa? Apakah ini blog yang serius atau lucu? Apakah ini blog tentang travel, fotografi, kuliner atau yang lainnya? You have to decide from the beginning. Hayoo, blog kamu konsepnya apa?

2. Ariev Rahman: blogger kondang yang baru saja menemukan kembali kekasih hatinya bercerita tentang bagaimana “crafting your story”. Blog tentang travel akan lebih menarik jika isinya tidak hanya berupa fakta-fakta yang sebenarnya bisa kita baca di Wikipedia. Ariev memberikan tips-tips agar tulisan tidak monoton, alternatif pembuka serta penutup cerita, dan contoh-contoh tulisan yang dapat menarik perhatian pembaca. Karakter tulisan Ariev adalah percakapan. Dalam workshop ini, ia memberikan contoh-contoh percakapan yang bisa dimasukkan agar tulisan blog menjadi lebih kaya dan hidup.

3. Wira Nurmansyah: sebagai traveler yang karya-karya fotonya digandrungi tidak hanya oleh dedek-dedek gemets namun juga mamah-mamah muda, Wira tentunya berbagi cerita tentang bagaimana menghasilkan foto yang bagus dari segi angle, cahaya, komposisi, dll. Bagian yang paling menariknya, ia membahas tentang bagaimana cara untuk mendapatkan foto penduduk lokal ketika kita traveling. Seseorang tidak bisa begitu saja asal jeprat-jepret karena tidak semua yang difoto itu adalah pemandangan alam, makanan, atau tempat. Ketika memotret manusia, kita dilatih untuk bersosialisasi dan Wira membagi tips-tipsnya.

Setelah sesi Wira selesai, semua peserta diberikan waktu untuk makan siang dan praktek foto. Hasilnya dilombakan lho! Pokoknya acara ini banyak hadiahnya, seru yaa..

Setelah Wira menjelaskan materinya, para peserta langsung mempraktekkannya di luar, namun di tengah hunting foto, ada pula yang memadu kasih. *oo siapa diaa*

Ketika para peserta asyik hunting foto bertemakan #UrangBandung, ada pula urang Jakarta yang sedang memadu kasih dengan urang Bandung. *oo siapa diaa*

(dari kiri ke kanan): Ary Mozta, saya, Firsta Yunida, & Adis.

(dari kiri ke kanan): Ary Mozta, saya, Firsta Yunida, & Adis.

4. Ary Mozta: pria baik hati yang datang ke Bandung untuk menjadi pembicara sekaligus ngapelin calon istrinya (amin ya, Ry?) adalah the master of web design. Ary berbagi ilmu tentang bagaimana membuat tampilan blog yang menarik. Ia memperlihatkan beberapa blog yang tampilannya enak dilihat dan tidak membuat pembacanya bosan atau pusing. Warna, jenis huruf, spasi antar paragraf, tata letak menu dan foto menjadi penting dalam mengkonstruksi sebuah blog sedap dipandang mata. Oiya, salah satu hasil karyanya bisa dilihat di blognya Trinity.

5. Lucia Nancy alias saya sendiri bercerita tentang bagaimana memaksimalkan peran social media untuk mempromosikan blog. Pada kesempatan ini, saya memfokuskan penggunaan twitter, facebook, dan G+. Google + merupakan platform social media yang sudah ada sekitar tiga tahun lalu namun sempat mati suri karena penggunanya tidak aktif lagi. Saya menjelaskan tentang G+ 101 dan bagaimana pengaruh G+ yang sangat besar dalam menarik pembaca menuju ke blog kita. Penasaran? Coba kita temenan di G+ saya dulu. *uhuk

6. Firsta from discoveryourindonesia.com dan Adis from wtvrbcpr.com: dua mahkluk yang kaya raya dari ngeblog ini (kalau ketemu mereka, palak aja minta jajanin!) berbagi tips dalam talkshow “Beyond Blogging”. Mereka berbagi tips untuk meraih pendapatan dari jalan-jalan dan ngeblog. Caranya pun bermacam-macam, Firsta biasanya memberikan tarif untuk konsultasi jika ada traveler dari luar negeri yang ingin ke Indonesia, pemasangan iklan di blog, menulis untuk majalah jalan-jalan & sponsored post, serta berafiliasi dengan hotel, car rental, atau perusahaan tur. Kalau si kecil-kecil cabe rawit Adis justru sekarang sudah mulai jarang ngeblog karena sibuk ngurus bisnisnya. Ia menjual perlengkapan traveling yang dibuatnya sendiri, mulai dari t-shirt, tempat untuk menyimpan peralatan mandi, sampai backpack. Adis pun juga mengembangkan usahanya di bidang kuliner, ia mempunyai food truck yang makanannya dijamin enak serta murah meriah!

Setelah 8 jam, akhirnya selesai! Ngalah-ngalahin kuliah bro..

Wajah-wajah penuh kebebasan setelah 8 jam dijejali materi travel blogging. Ngalah-ngalahin kuliah bro..

Kegiatan hari-2: Lomba Foto.

Kegiatan hari-2: Lomba foto yang hasilnya di-upload ke Google+.

Setelah orang-orang seru di atas ini berbagi ilmu di hari pertama, kami mengadakan kontes foto berhadiah uang jutaan rupiah di hari ke-2. *akkk ingin jadi peserta rasanya!* Peserta diberikan waktu dari jam delapan pagi hingga satu siang dan meng-upload fotonya di Google+. Pemenangnya pun langsung dipilih hari itu juga oleh para juri: Wira, Ary, dan Keke dari Google Indonesia.

Para peserta dibekali tas lipat dulu oleh Ibupenyu sebelum berangkat hunting foto di Car Free Day Dago.

Para peserta dibekali tas lipat buatan @BagoesID dulu oleh @Ibupenyu sebelum berangkat hunting foto di Car Free Day Dago.

Pasuka tas mera siap berangkat!

Pasukan dedek-dedek unyu bertas merah siap berangkat!

Car Free Day, Dago, Bandung.

Car Free Day, Dago, Bandung. Kalau kamu ikutan kemarin, mungkin bisa sembari nyari jodoh di sini. xD

Sambil menunggu pengumuman, makan siang dulu..

Sambil menunggu pengumuman, makan siang dulu..

Para peserta lomba foto melihat hasil karya mereka yang sudah di-upload di G+.

Para peserta lomba foto melihat hasil karya mereka yang sudah di-upload di G+.

@idGeekGirls & @JepretStory nggak mau kalah bagi-bagi hadiah kuis ke pserta..

@idGeekGirls & @JepretStory nggak mau kalah bagi-bagi hadiah kuis ke peserta..

Tadaaaa.. Ini dia pemenangnya yang membawa pulang total lebih dari 10juta rupiah!

Tadaaaa.. Ini dia pemenangnya yang membawa pulang total lebih dari 10juta rupiah! Wajah-wajahnya pada sumringah yaa..

Karya-karya foto yang masuk dan menang bisa dilihat di sini.

Thanks to Kang Helmi & Jepret Story yang bikin acara Travel n Blog jadi lebih berwarna..

Bisa langsung nge-print foto kamu lho lewat aplikasi Jepret Story. *tidakkk, itu kenapa ada pocong siang bolongg

The last but not the least, terimakasih kepada pihak –pihak yang membuat workshop ini bisa berjalan dengan lancar:

Vindhya Sabnani alias Ibu Penyu: panitia di belakang layar, our big mama yang repot ngurusin anak-anaknya dari Jakarta sampai Bandung sampai Jakarta lagi.
– Google Indonesia: sponsor tunggal yang bahkan namanya tidak mau digembor-gemborkan sebagai sponsor. Thanks to Eunike Kartini yang sudah menjembatani kami.
– idGeekGirls Community yang sudah bantu buat pendaftaran, link ke banyak komunitas di Bandung, dan juga promosi acara.
– Panorama Magazine, Get Lost Magazine, & @infobandung untuk bantuan promosinya.
– Bagoes.co.id untuk tas goodiebag-nya.
– Pantara Clothing untuk t-shirt sebagai hadiah kuis.
– Co & Co Space untuk tempat acaranya yang kece surece.
– Jepret Story untuk aplikasi foto ciamik yang membuat kita bisa ngumpulin dan nge-print foto-foto langsung selama acara.

Ahhhh, panjang banget listnya kaya nominasi Oscar! Eniwei, semoga kita bisa ngadain workshop ini ke kota-kota kamu ya! Terimakasih ya sudah membaca dan semoga akan ada postingan-postingan selanjutnya dari blog ini. 😉

*Gengs, beribu terimakasih untuk reminder-nya yang tiada henti supaya empunya blog ini mau nulis lagi. :’)

Terimakasih untuk semua pihak yang sudah membantu acara ini. Sampai bertemu lagi di TravelnBlog yang ke-3!

All photos credit in this post goes to Wira Nurmasnyah & Firsta Yunida, thanks a lot guys!

 

Advertisements

21 thoughts on “Ngeblog Lagi Karena Workshop TravelnBlog!

    1. lucianancy.com Post author

      Hai Dita, tasnya nggak akan dibuat lagi untuk yang di Semarang. Tapi sisa tas dari workshop kemarin dijual kok, cek di twitter aja @TravelnBlogID. 😉

      Wah, kamu suka ikut event lelarian juga ya? Disapa aja ya lain kali ^^

      Reply
  1. juragankoppi

    ini keren banged. sangat inspiratif, bisa semoga bisa ngikutin jejak blogger2 kenamaan buat nulis dan tulisannya berguna or at least menghibur.
    Kasih insight dong ke blog ku, juragankoppi.wordpress.com ….
    and *blom nemu cara aktifin komen, jadi bisa share ke email juragankoppi@gmail.com

    thank you ……..

    Reply
  2. Pingback: Travelnblog ke-4 Kedatangan Travel Blogger Lawas! | lucianancy.com

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s