#TravelnBlog 3: Ngeblog & Jalan-jalan di Semarang

travelnblog-semarang-191

Wah, nggak kerasa euy! Kayanya baru kemarin saya dan teman-teman #TravelnBlog main di Bandung, eh udah main lagi aja di Semarang! Awalnya saya dan teman-teman sempet deg-degan, bakal banyak nggak ya yang ikutan? Soalnya menurut survei kecil-kecilan, blogging itu udah nggak seksi lagi di Semarang, sebagian besar blogger beralih ke micro-blogging alias twitter. But great things comes when you least expect it!Semarang memberi kami banyak kejutan. Peserta yang mendaftar jumlahnya melebihi kuota dan mereka tidak hanya datang dari dalam kota namun juga dari kota-kota di sekitarnya. Ah, bahkan ada yang datang dari Jakarta dan sebelumnya pernah ikutan workshop yang pertama di Jakarta. You guys are really awesome!

travelnblog-semarang-140 travelnblog-semarang-149

Kenapa sih travel blog itu penting sampai kita harus bikin workshopnya?

Kalau menurut pengalaman pribadi, saya pernah kesulitan mencari informasi peninapan dan destinasi dari penduduk lokal ketika jalan-jalan di Sumatera dan Flores. Semua rekomendasi teratas yang keluar dari Google adalah rekomendasi dari pejalan-pejalan yang menuliskan reviewnya di Trip Advisor, jarang sekali saya temukan tulisan-tulisan di blog. Kalau ada pun, tulisannya banyak yang copy-paste satu sama lain dan infonya tidak lengkap.

Padahal, rekomendasi orang lokal adalah rekomendasi terbaik karena mereka yang lebih tau mengenai daerah asal mereka sendiri. Penduduk lokal pun bisa memberikan alternatif destinasi yang mungkin tidak akan kita temukan jika mencarinya di internet. Untuk itulah saya dan teman-teman ingin membagi ilmu bagaimana cara membuat, menulis, mengambil foto, sampai mempromosikan travel blog dengan baik. Tujuannya adalah supaya para pejalan bisa saling membantu satu sama lain melalui tulisan dan foto perjalanan berdasarkan pengalaman sendiri.

Apa yang membedakan #TravelnBlog di Semarang dengan yang sebelumnya? Kegiatannya lebih bervariasi, pembicara dan peserta tidak hanya belajar bersama tetapi juga bermain bersama. Kami mengelilingi kawasan kota lama dengan bus Semarjawi (doubledecker-nya Semarang) dan meminta para peserta untuk menuliskan pengalamannya langsung di blog. Tulisan mereka pun langsung dinilai oleh beberapa pembicara dan ada 5 pemenang untuk kompetisi blogging on the spot ini. travelnblog-semarang-386 travelnblog-semarang-384 travelnblog-semarang-372travelnblog-semarang-283travelnblog-semarang-391 travelnblog-semarang-446

Kapan dan dimana rencana #TravelnBlog selanjutnya? Kami berencana ingin ke Makassar, tetapi mengingat respon workshop pertama di Jakarta cukup besar, sepertinya kami ingin kembali ke ibukota dulu baru bermain ke Sulawesi. Yang kemarin nggak sempet daftar atau terlambat daftar, pantengin terus twitter kita ya: @TravelnBlogID atau main-main ke websitenya.

travelnblog-semarang-451

The last but not the least, terimakasih untuk sponsor-sponsor yang membuat acara ini menjadi lancar!

Kementrian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Jawa Tengah yang sudah mulai merangkul blogger-blogger untuk kemajuan pariwisata Indonesia.

Wego Indonesia yang mengispirasi orang-orang untuk terus berjalan.

Ezytravel, si jagonya tiket pesawat murah yang memudahkan kami mencari tiket pesawat Jakarta-Semarang.

Blue Bird Group yang memudahkan transportasi panitia dan seluruh peserta di Semarang. *Oh, i love their Golden Bird, mobilnya bisa diisi rame-rame (7-8 orang) dan membantu menghemat mobilitas dari dan ke airport!

Smartfren yang modemnya sangat membantu selama acara berlangsung dan terutama saat blogging on the spot.

Urban Icon, sponsor favorit saya yang membuat perjalanan kami jadi berwarna-warni dan lebih fashionable. *check our moment during #TravelnBlog3 on social media with hashtag #urbaniconstyle. We’re cool enough, aren’t we? :p

Gagas Media & Getaway Magazine yang sudah banyak membantu mempromosikan acara kami. *buat travel bloggers yang ingin karyanya lebih dikenal, kalian bisa submit tulisan ke majalah dan publisher buku juga lho!

Dan yang paling ingin ingin saya ucapkan terimakasih adalah seluruh panitia dan peserta yang hadir,  kalian membuat acara ini berhasil! Terimakasih untuk kerjasama, kerja keras, dan keramahannya. Ah Semarang people (and also the food!), you stole my heart. 🙂

nb: Jangan lupa ikutan kompetisi blognya juga ya buat yang belum sempat ikutan, info lebih lengkapnya bisa diliat di sini: http://travelnblog.net/travelnblog-3-blog-competition/.

See you on #TravelnBlog 4!

See you on #TravelnBlog 4!

Advertisements

9 thoughts on “#TravelnBlog 3: Ngeblog & Jalan-jalan di Semarang

  1. Wahyu Blahe

    Kak, awak ada masukin tulisan tentang kita.. Eh, tentang kakak kemarin yang di padang, hehehe, salam salut ya

    Reply
  2. Pingback: Travelnblog ke-4 Kedatangan Travel Blogger Lawas! | lucianancy.com

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s