Indonesia, Grand Champion of World Choir Games 2010

This slideshow requires JavaScript.

I just had conversation with my friend from campus life, Asnny Astari via Facebook. She told about her life lately. I’m so proud of this talented girl, she and her choir team won “The World Choir Games Shaoxing, China” July 15-26  2010. They brought Indonesia to Shanghai and make us proud as the first winner! I’ll translate her story below into English later so the world can read the good news from Indonesia as well! 😉

Tahun ini, Asnny dan teman-temannya yang tergabung dalam tim bernama “The Sparkling Indomaret” berpartisipasi untuk mewakili & mengharumkan nama Indonesia di World Choir Games. World Choir Games diadakan setiap 2 taun sekali, dimulai dari taun 2000 dan tahun ini berlangsung di Shaoxing, China (sekitar 3 jam dari  Shanghai).

FYI,  Indomaret  mengadakan lomba vocal group setiap tahunnya. Tim yang menang tahun ini berasal dari Bandung. Mereka bisa mengikuti Wolrd Choir Games sebagai hadiahnya. Karena pemenangnya hanya 5 orang, pihak Indomaret mengadakan audisi ke beberapa kota seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Jogjakarta untuk mencari anggota tim lainnya.

Setelah melewati audisi, Asnny bergabung bersama ketujuhbelas anak Indonesia lainnya yang lolos audisi. Music Director Elfa Secioria lalu mengaransemen lagu, melatih tim yang akan berangkat ke China ini, sampai mengiringi band-nya. Tim Asnny hanya bisa berlatih setiap 2 minggu sekali karena mereka tinggal di kota yang berbeda-beda.

Mereka berangkat dari Indonesia tanggal 19 Juli, menginap dua hari di Shanghai lalu berangkat ke Shaoxing. Kategori yang mereka ikuti adalah musik pop dan jadwal lombannya tanggal 25 Juli 2010. Sebelum hari H (tanggal 22 Juli), Asnny dan tim paduan suaranya mendapatkan kesempatan emas untuk tampil dan bernyanyi bersama Elfa’s Singer di Grand Opening World Choir Games. Ini merupakan sebuah kehormatan besar bagi anak-anak Indonesia yang umurnya berkisar antara 13-18 tahun. Lho Asnny, kamu kan 22? Ah untungnya masih terlihat seperti 15 tahun ya. 😉

Banyak sekali kendala yang mereka alami, dari mulai cuaca panas yang hampir mencapai 40 derajat celcius sampai suara anak-anak yang mulai serak. Untungnya ada tim dokter dan tim pendukung lainnya. Berkat doa dan kerja keras yang mereka lakukan selama kurang lebih 6 bulan, lomba pun berjalan lancar meski salah satu anggota dari Surabaya ada yang jatuh dan cidera ketika turun dari panggung.

Tepat sehari setelah penampilan mereka, para pemenang diumumkan. Berkat kesungguhan dan bakat serta suara mereka yang luar biasa, Asnny dan teman-teman memenangkan Grand Champion alias emas, juara 1! Mereka mengalahkan tim peserta dari Amerika, Belanda, dan negara finalis lainnya. Bendera Merah Putih dikibarkan, lagu Indonesia Raya diputarkan, dan membuat mereka terharu. Asnny dan teman-teman naik ke atas panggung, menerima piala, dan membawa nama baik Indonesia di panggung dunia.

So proud of them! Some photos were taken from here.

Advertisements

6 thoughts on “Indonesia, Grand Champion of World Choir Games 2010

  1. Pingback: Twitted by id_optimis

  2. Yurgen Alifia

    Indonesia memang uda ga diragukan lagi kak kalo lomba padus atau choir, hehe

    Terus, tim-tim nya Elfa emang udah langganan menang kan ya? di Korea, di Eropa juga, 🙂

    Hidup Indonesia! hehe

    *semalem lebih panjang lagi, :p

    Reply

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s