Sang Pemimpi (The Movie)

Dec 4-12th 2009 - http://jiffest.org

Pembukaan Jiffest ke 11 adalah sebuah film Indonesia yang ditunggu banyak orang, mulai dari kritikus handal hingga penikmat awam. Setelah gemilang Laskar Pelangi membuat banyak orang tersentuh, Sang Pemimpi kini hadir menyusul kesuksesan kisah Ikal dan anak-anak Belitung. Buku kedua hasil buah pena Andrea Hirata (lagi-lagi) berhasil diterjemahkan dengan baik ke dalam bahasa audio visual oleh  Mira Lesmana, Riri Riza, dan Salman Aristo. Tapi jangan pernah berharap film akan persis sama dengan bukunya, hei ini konsumsi untuk layar lebar bung!

Arai, Ikal, Jimbron

Kalau Laskar Pelangi menyentuh sisi perjuangan Ikal kecil di sekolahnya, Sang Pemimpi melanjutkan mimpi anak-anak Belitung yang sudah beranjak remaja menuju dewasa muda. Tentang sebuah cita-cita besar yang berusaha mereka gapai bersama. Ikal, Arai, dan Jimbron. Terinspirasi dari sang guru yang membuat semangat mereka menggebu-gebu mencapai Paris, menggapai sebuah jenjang pendidikan tanpa batas.

Kalau dalam LP  saya berhasil dibuat terharu dengan sosok Lintang, kini Lintang kedua adalah Arai. Satu-satunya anak yang selamat dari musibah yang menimpa keluarganya. Seperti Ikal bilang, Arai itu seniman gila! Ada saja akalnya untuk membuat sesuatu terwujud nyata. Di kala ia kehilangan semua yang ia miliki, di kala ia terpuruk jatuh di titik terbawah dalam hidupnya, Arai malah justru membuat Ikal tertawa dan terpana dengan perangainya. Arailah yang menaruh makna dalam hidup Ikal, membuat ia percaya bahwa mimpi itu terbentang luas di hadapannya.

Saya mungkin lebih suka Laskar Pelangi karena plot cerita Sang Pemimpi terasa agak lambat. Tapi bukan Riri Riza namanya jika tidak berhasil membuat saya betah sampai membaca kata terakhir dalam credit title. Kekuatan mimpi. Kamu bermimpi maka kamu ada. Ikal remaja sempat putus asa, melepas asa yang sudah ia pelihara bersama Arai. Ia berontak, bahkan menuduh Arai yang menjadi penyebab dirinya memelihara mimpi yang ternyata kosong. Tapi Ikal kemudian membuka mata hatinya, menyadari saudaranyalah yang sukses mengajaknya berlari dari krisis demi krisis kehidupan.

“Teriakan pekikan-pekikan yang menginspirasimu!” Kebiasaan Pak Guru sebelum pulang sekolah tersimpan lekat dalam ingatan Ikal. Ketika teman-teman sekelasnya menyebutkan semboyan-semboyan hidup milik Albert Einstein, John F. Kennedy, Soekarno, dan Moh. Hatta, Ikal dengan lantang meneriakkan sepenggal lirik Darah Muda milik Rhoma Irama.

Matias Muchus bermain dengan sangat memukau. Aksi panggung anak dan ayah ini membuat penonton dapat ikut merasakan luapan emosi yang tercipta di antara mereka. Merasakan kedalaman hubungan darah meskipun jarak terbentang, membuat para penonton merasakan kasih sayang yang tulus lewat derai air mata Ikal. Ya, di tengah larutnya saya dalam alur cerita, ada beberapa percikan yang membuat hati tertawa dan terharu.

Dalam durasi 128 menit ini, Riri Riza akan membawamu melihat bagaimana 3 sahabat laki-laki berjuang mengayun kaki mereka mengejar impian. Melakukan berbagai cara halal untuk mengumpulkan rupiah dengan peluh keringat. Jatuh bangun menghadapi pertempuran dengan batin. Sampai akhirnya keyakinan akan mimpi menyatukan mereka kembali menuju Paris.

Riri Riza & Nugie

Banyak pemain baru yang menghiasi layar dan sedikit membuat saya tergelitik. Sebut saja Nugie dan Ariel Peter Pan. Dalam film ini, mereka punya peran yang sangat krusial terhadap perkembangan watak  Ikal. Penasaran dengan peran mereka dalam film ini? Ingin melihat suasana tahun 80-an yang sangat kental dengan musik Melayunya? Tunggu Sang Pemimpi hadir di ruang publik tanggal 17 Desember 2009 ya 😉

Keep chasing your dreams!

But I, being poor, have only my dreams;
I have spread my dreams under your feet;
Tread softly because you tread on my dreams.
– William Butler Yeats

-Menteng, 6 Desember ’09 @05.10 am-

Advertisements

2 thoughts on “Sang Pemimpi (The Movie)

  1. andyna sary

    Loves Andrea Hirata!!
    basis ide ceritanya emang keren banget, can. lo juga harus baca novelnya. this movie’s totally recommended. for friends, lover, and family =D

    Reply

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s