Belajar Bersama Para Penulis Pengelana

Reunian sama teman-teman petualang, belajar banyak hal seputar traveling, ketemu teman-teman baru, dan dapet hadiah kuis? What a perfect weekend for me 😉

Bersama Mas Teguh Sudarisman & Tim Penulis Pengelana.

Hari Sabtu, 8 Januari kemarin, saya dan teman-teman mengikuti sebuah seminar penulisan di Newseum Cafe di Jl. Veteran. Kenapa saya tertarik ikutan? Seminar ini diselenggarakan oleh Komunitas Penulis Pengelana dengan menghadirkan pembicara Mas Teguh Sudarisman, Editor in Chief Majalah Liburan. Nah, majalah dan narasumbernyalah yang menjadi point plus dari seminar ini. Saya termasuk penggemar majalah Liburan, bahasanya sederhana, pembahasannya juga menarik, termasuk berbeda di kalangan majalah sejenis yang menawarkan kemewahan di kemasan ataupun penyajian isinya.

Oiya, daripada menggunakan kata seminar, saya lebih suka menyebutnya “belajar bersama”. Kemampuan Mas Teguh dalam menyampaikan pembahasan tak usah ditanya lagi, sangat handal sekali! Salut juga dengan panitianya karena memulai acara on time jam 9 pagi. Selama sekitar 7 jam diselingi istirahat, Mas Teguh sharing tentang 3 hal, Travel Writing, Travel Photography, dan Build a Career as a Travel Writer.

Baru di pembahasan Travel Writing saja, Mas Teguh sudah membuat saya memimpikan ini itu. Ia menjabarkan alasan-alasan mengapa harus menjadi travel writer daripada jadi traveler biasa. Beberapa di antaranya yang pasti membuat anda tergiur adalah:
1. Punya privilage untuk mendatangi tempat atau fasilitas istimewa dan melihat behind the scene yang tidak dapat dinikmati semua orang.
2. Bisa memperoleh banyak penghasilan jika tahu cara mengelola tulisan, foto, dan aspek-aspek traveling lainnya.
3. Travel Writer adalah profesi yang fun.

Mas Teguh Sudarisman saat menjelaskan kriteria tulisan traveling yang bagus.

Sebenarnya masih banyak alasan lainnya, tetapi untuk saya yang suka menulis dan traveling, 3 alasan di atas sudah menjadi alasan yang lebih dari cukup. Selama pembahasan Travel Writing ini, Mas Teguh juga menjelaskan apa saja privilege yang bisa travel writer dapatkan. Ia juga memandu kita bagaimana caranya untuk memulai menjadi penulis profesional. Ada ukuran yang bisa menjadi patokan kita untuk mencapai tahap profesional itu. Sudah sampai dimanakah anda?

Memperhatikan presentasi sambil menikmati suguhan teh dan cemilan di Newseum Cafe yang sangat cozy.

1. Berlatih Menulis
2. Berlatih memotret
3. Posting di blog atau facebook
4. Kirim ke media
5. Buat portofolio
6. Menggunakan portofolio untuk menjual diri
7. Menjadi spesialis

Ahh..agak gregetan sih ketika sadar kalau saya baru sampai tahap ke-3. Kalau anda sampai mana? 😉

Selain itu, Mas Teguh juga membahas seputar travel photography dan juga trik-trik bagaimana membangun karir menjadi Travel Writer “Dimuat di media, dapat yang gratis-gratis, KAPAN?”.

Oiya, di kegiatan belajar bersama ini, bukan hanya mas Teguh saja yang berbagi ilmu dan pengalaman. Ada juga 1 orang wanita dan 2 orang pria (ampun saya lupa namanya) yang berbagi pengalaman menjadi freelance travel writer di berbagai media. Mereka-mereka itu merupakan produk hasil Travel Writing Camp pertama yang diselenggarakan Komunitas Penulis Pengelana. Portofolio mereka banyak sekali, sangat menyentil saya dan teman-teman untuk segera menulis dan mengirimnya ke media.

Weleh-weleh, bisa panjang banget nih kalau saya menjelaskan semua bahasannya di blog. Lain kali, kalau ada seminarnya pasti saya umumin lewat blog. Harus ikutan ya! 😉 Oiya, ssst..saya dapet langganan gratis 3 bulan Majalah Liburan karena pertanyaan saya bagus lho. Komunitas Penulis Pengelana ini juga rencananya mau buat Travel Writing Camp yang ke-2. Nggak sabar banget euy!

Reuni kecil bersama para petualang ACI. Yang kanan itu langsung datang dari Surabaya!

Spot-spot yang bagus untuk foto-foto di Newseum Cafe 🙂

Advertisements

7 thoughts on “Belajar Bersama Para Penulis Pengelana

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s